Iklan

,

Iklan

Beras Cap Bukit Pancoran Produksi Kabupaten Sintang

Yasin, ST
22 Sep 2023, 18:32 WIB Last Updated 2023-09-22T13:57:45Z

 Betangraya.com, SINTANG – Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para petani pasca panen padi di Desa Tawang Sari Kecamatan Sepauk Kabupaten Sintang telah dilaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Packaging Beras Cap Bukit Pancuran baru-baru ini di Balai Desa. Hadir sebagai Narasumber pada acara tersebut dari Bulog Subdivre Sintang.

Beras Cap Bukit Pancoran
Beras Cap Bukit Pancoran 


Menurut Dayakpost.com mewartakan bahwa Mewakili Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Syafarman menyampaikan bahwa pelaksanaan bimbingan teknis Packaging ini sangat penting dalam upaya meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap para petani dalam hal pengolahan hasil pasca panen.


Dengan adanya keterampilan dalam mengemas produk beras yang sesuai standar tentunya dapat membantu mengurangi kerusakan, melindungi serta mempertahankan mutu dari bahan pangan yang ada didalamnya.


“Pengemasan merupakan suatu upaya pengamanan terhadap produk beras khususnya yang ada di Desa Tawang Sari ini,” tuturnya. 


Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Sintang melalui peran para Penyuluh, kata Plt. Kasi Metode dan Informasi Penyuluhan Pertanian ini, akan terus berupaya secara maksimal dalam memberikan kegiatan pendampingan dan pengawalan terhadap para petani untuk mempertahankan serta meningkatkan hasil-hasil produksi pertanian tanaman pangan. 


Ia juga berharap setelah dilakukan kegiatan teknik pengemasan sesuai dengan standar yang musti diperhatikan kedepan adalah menjaga mutu, kuantitas dan kontinyuitas. Tiga hal ini, lanjutnya, kita musti konsisten dalam menjaga produk beras yang berasal dari Desa Tawang Sari supaya tetap dikenal dan konsumen mudah untuk mendapatkannya.


Pada kesempatan sama Mewakili Kepala Dinas Perindagkop dan UKM Kabupaten Sintang Nur Fajriansyah menyampaikan kegiatan bimtek packaging ini sebagai wadah untuk tukar menukar informasi dan berbagi pengalaman. 


Adapun narasumber yang dihadirkan, kata Fajri, berasal dari Bulog Subdivre Sintang. Terlaksana kegiatan ini, menurutnya, atas kerjasama Distanbun dan Pemerintah Desa Tawang Sari. 


“Bimtek ini upaya kita bersama dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para petani khususnya petani di Desa Tawang Sari,” ucapnya.


Kepala Desa Tawang Sari Andi mengapreasi atas terselenggara Bimtek Packaging ini, pihaknya merasa terbantu. 


“Kegiatan pemberdayaan seperti ini diharapkan dari para petani kami,” tegasnya. 


Pemerintah Desa Tawang Sari mendukung sepenuhnya atas upaya-upaya yang telah dilakukan Distanbun bersama Disperindagkop dan UKM Kabupaten Sintang. “Saya minta para peserta Bimtek dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya.


Hal-hal yang tidak dimengerti dapat ditanya langsung dengan Narasumber yang ahli,” kata Kades.

Iklan

iklan