Iklan

,

Iklan

Erick Thohir, Harapan Baru Sepak Bola Nasional Indonesia

Yasin, ST
22 Sep 2023, 18:56 WIB Last Updated 2023-09-22T14:01:00Z

 Erick Thohir terpilih sebagai Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) pada 16 Februari 2023. Ia terpilih secara aklamasi dalam Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI yang digelar di Bandung, Jawa Barat.

Erick Thohir
Erick Thohir

Erick Thohir merupakan pengusaha dan politisi Indonesia. Ia sebelumnya menjabat sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Indonesia sejak 2019.


Dalam pidatonya setelah terpilih, Erick Thohir mengatakan bahwa ia akan fokus pada tiga hal utama, yaitu:


  • Peningkatan kualitas sepak bola Indonesia, baik di level nasional maupun internasional.
  • Peningkatan transparansi dan akuntabilitas PSSI.
  • Peningkatan kesejahteraan pemain dan pelatih sepak bola Indonesia.


Erick Thohir juga mengatakan bahwa ia akan bekerja sama dengan berbagai pihak, termasuk pemerintah, klub sepak bola, dan suporter, untuk mewujudkan visinya untuk sepak bola Indonesia.


Berikut adalah beberapa program kerja Erick Thohir sebagai Ketua Umum PSSI:


  • Meningkatkan kualitas kompetisi Liga Indonesia, termasuk dengan menerapkan sistem promosi dan degradasi.
  • Meningkatkan kualitas pembinaan sepak bola usia muda, termasuk dengan membangun akademi sepak bola di seluruh Indonesia.
  • Meningkatkan kualitas infrastruktur sepak bola Indonesia, termasuk dengan membangun stadion baru dan memperbaiki stadion yang sudah ada.
  • Meningkatkan kerja sama internasional PSSI, termasuk dengan menjalin kerja sama dengan federasi sepak bola di negara lain.


Sejak terpilih, Erick Thohir telah melakukan beberapa langkah untuk mewujudkan visinya untuk sepak bola Indonesia. Ia telah menandatangani nota kesepahaman dengan Federasi Sepak Bola Jerman (DFB) untuk meningkatkan kualitas sepak bola usia muda Indonesia. Ia juga telah meluncurkan program "Talenta Garuda" untuk mencari dan membina pemain sepak bola berbakat di Indonesia.


Erick Thohir masih memiliki waktu tiga tahun lagi untuk memimpin PSSI. Ia akan dinilai oleh masyarakat Indonesia pada Kongres PSSI tahun 2026.

Iklan

iklan