Iklan

,

Iklan

Mengenal Kabupaten Kayong Utara, Kabupaten Baru di Kalimantan Barat

Yasin, ST
22 Sep 2023, 18:42 WIB Last Updated 2023-09-22T13:58:56Z

 Kayong Utara adalah sebuah kabupaten di provinsi Kalimantan Barat, Indonesia. Didirikan pada tanggal 2 Januari 2007, sebagai hasil pemekaran Kabupaten Ketapang. Ibu kota Kayong Utara adalah Sukadana.

Kayong Utara
Tugu Durian Kayong Utara

Kayong Utara memiliki luas wilayah 4.221 kilometer persegi dan jumlah penduduk 128.009 jiwa pada tahun 2021. Kabupaten ini terbagi menjadi 6 kecamatan dan 43 desa.


Kayong Utara merupakan kabupaten yang tergolong baru, namun kaya akan sejarah dan budaya. Kabupaten ini merupakan rumah bagi masyarakat Kayong yang merupakan salah satu suku asli Kalimantan Barat. Masyarakat Kayong mempunyai bahasa, adat istiadat, dan tradisi tersendiri.


Kayong Utara juga merupakan kabupaten dengan keanekaragaman hayati. Kabupaten ini merupakan rumah bagi beragam flora dan fauna, termasuk orangutan, siamang, dan bekantan. Kabupaten ini juga merupakan rumah bagi beberapa kawasan lindung, termasuk Taman Nasional Gunung Palung dan Cagar Biosfer Kayong Kapuas.


Kayong Utara merupakan kabupaten berkembang dengan perekonomian yang terus berkembang. Sektor perekonomian utama di kabupaten ini adalah pertanian, kehutanan, dan perikanan. Kabupaten ini juga merupakan rumah bagi sejumlah perusahaan pertambangan.


Pemerintah Kayong Utara berkomitmen membangun kabupaten dan meningkatkan taraf hidup masyarakatnya. Pemerintah fokus pada pengembangan sektor infrastruktur, pendidikan, dan kesehatan. Pemerintah juga mempromosikan pariwisata dan investasi di kabupaten tersebut.


Berikut beberapa destinasi wisata populer di Kayong Utara:

  • Taman Nasional Gunung Palung: Taman nasional yang menjadi rumah bagi beragam flora dan fauna, antara lain orangutan, siamang, dan bekantan.
  • Cagar Biosfer Kayong Kapuas: Cagar Biosfer UNESCO yang menjadi rumah bagi berbagai ekosistem, termasuk hutan bakau, lahan gambut, dan sungai.
  • Pantai Sukadana : Pantai yang indah dengan pasir putih dan air yang jernih.
  • Sungai Sukadana: Sungai yang populer untuk wisata perahu dan memancing.
  • Pulau Tangkahan: Pulau yang populer untuk berenang, snorkeling, dan memancing.


Kayong Utara adalah kabupaten yang indah dan beragam dengan banyak hal yang bisa ditawarkan kepada pengunjung. Jika Anda mencari tempat untuk merasakan alam dan budaya Kalimantan Barat, maka Kayong Utara adalah tempatnya.

Iklan

iklan